Algoritma Dasar dan Pemrograman : Menandai Bilangan Genap atau Ganjil

Ayoo Belajar!! 

😊👾


Permasalahan 3 : Menandai Bilangan Genap Atau Bilagan Ganjil

1. Mendefinisikan masalah
Bagaimana menandai bilangan genap atau bilangan ganjil?
Bilangan genap merupakan kumpulan bilangan bulat positif yang habis jika dibagi dua. Sedangkan bilangan ganjil merupakan bilangan bulat positif yang jika dibagi dua maka akan menyisakan hasil yaitu satu. Untuk mencarinya, pertama-tama kita harus menentukan nilai yang diinput. Kemudian kita harus menetukan rumus yang akan digunakan. Dan selanjutnya yaitu menentukan cara menampilkan output berupa menandai bilangan genap atau ganjil.

2. Menentukan solusi
Cara membuat program untuk menandai bilangan genap atau ganjil sebagai berikut :
   1. Tentukan input nilai, yaitu berupa  bilangan bulat positif.
   2. Menentukan rumus untuk menampilkan suatu bilangan genap atau ganjil, rumusnya yaitu:
if a mod 2 = 0 then
write('Bilangan Genap')
else
write('Bilangan Ganjil');

a=merupakan input bilangan bulat positif.

3. Memilih algoritma
    a.  Deskriptif
Tentukan variabel dan data yang digunakan. Variabel yang digunakan yaitu a sedangkan data yang digunakan yaitu tipe data integer.
     1. Masukan input bilangan bulat positif.
     2. Lakukan pencarian dengan menggunakan rumus : jika a mod 2 = 0 maka munculkan tulisan ‘Bilangan Genap’, jika tidak maka munculkan tulisan ’Bilangan Ganjil’.
     3. Tampilkan hasil output yaitu berupa tanda bilangan genap atau ganjil

    b.  Pseudocode
        - Judul
PROGRAM MENANDAI_BILANGAN_GENAP_ATAU_GANJIL
        - Deklarasi
Var a : integer
        - Algoritma
Baca (a)         {membaca nilai batas akhir}
Hasil<---- a mod 2        {hasil = sisa pembagian dari a dibagi 2}
If hasil = 0 then {jika sisa = 0}
cetak (Bilangan Genap) {tampilkan tulisan Bilangan Genap}
Else         {jika tidak}
cetak (Bilangan Ganjil) {tampilkan tulisan Bilangan Ganjil}

      c.  Flowchart
 


4. Menulis Program

PROGRAM Menandai_bilangan_genap_atau_ganjil;
uses crt;
var a,b :integer;
begin
     clrscr;
     gotoxy(18,1);
     writeln('MENANDAI BILANGAN GENAP ATAU GANJIL');
     gotoxy(14,2);
     writeln('*********************************************');
     write('Masukkan angka : ');readln(a);
     if a mod 2 = 0 then
     write('Bilangan Genap')
     else
     write('Bilangan Ganjil');
     readln;
end.


Hasil Eksekusi Program


Atau


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemrograman 1 - Gaji (Menggunakan Statement Case Of)

Matematika Terapan 1 - Matriks

Pemrograman 1 - Bunyi (Menggunakan Statement For To Do)